:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Selasa, 28 Agustus 2012

Makkah Dan Madinah, 2 Tanah Haram

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Di dunia ini terdapat 2 (dua) daerah yang mendapat sebutan khusus berupa Tanah Haram, yaitu Kota Makkah dan Madinah. Makkah adalah kota kelahiran Nabi Muhammad SAW, sedang Madinah tempat wafat beliau.

Khusus untuk penyebutan Tanah Haram Makkah, ia memiliki banyak nama dan julukan dalam ayat Al Qur’an. Sedang dalam literatur Bahasa Arab, ketika ada sesuatu yang memiliki ragam nama dalam penyebutan, hal itu menunjukkan keistimewaan dan kemuliaan sesuatu tersebut. Berikut ini adalah nama lain dari tanah yang diharamkan sekaligus disucikan tersebut.

Pertama, Makkah. Inilah nama yang paling masyhur di kalangan Umat Islam. Makkah berasal dari kata ’makka-yamukku’ yang bermakna mengeluarkan isi otak dari kerangka kepala manusia. Secara historis dengan iklim dan alam yang sangat sulit, penduduknya dahulu harus berjuang keras agar survive. Dalam riwayat lain, kenapa disebut Makkah, sebab ia akan mengeluarkan dan menghancurkan orang yang berbuat zalim didalamnya.

Kedua, Bakkah. Bakkah adalah nama lain Kota Makkah. Ada beberapa riwayat yang menerangkan penamaan tersebut. Salah satunya apa yang disebut oleh Ad Dhahhak, bahwa Bakkah berasal dari turunan kata Al Bakku yaitu sesak atau ramai. Ia disebut demikian karena tumpah ruahnya umat Islamke tanah ini ketika mereka datang beribadah dan thawaf mengelilingi Ka’bah. Dalam riwayat lain, Bakkah bermakna menghancurkan tulang belakang. Sebab, keberadaannya menjadi jaminan bagi siapa yang menentang akan terusir atau mengalami kehancuran.

Ketiga, Ummur Qura. Ibnu Katsir menjelaskan, Makkah disebut Ummul Qura, sebab ia adalah kota yang paling mulia diseluruh dunia dan paling dicintai Nabi SAW. Dalam riwayat lain, Makkah disebut Ummul Qura, karena ia menjadi induk bagi seluruh wilayah didunia ini. Ia menjadi pusat kota yang setiap tahunnya didatangi oleh jutaan manusia dari penjuru dunia. Bahkan ada pula yang menyebutnya sebagai kota tertua di dunia.

Keempat. Al Balad Al Amin. Dalam Surat At Tin [95] : 3. Ketika menafsirkan ayat tersebut, Ibnu Abbas berkata, Al Balad Al Amin adalah kota Makkah. secara tersurat Allah SWT bersumpah menjamin kota Makkah sebagai kota aman. Makkah juga akan aman serta terbebas dari Dajjal menjelang Hari Kiamat.

Kelima, Al Baldah. Nabi menyatakan jika Makkah adalah daerah yang telah disucikan langsung oleh Allah SWT. Hal tersebut juga merupakan bentuk pengabulan doa Nabi Ibrahim yang secara khusus mendoakan kota ini.

Semoga kita semua diberikan kesempatan untuk memenuhi panggilan-Nya. Berziarah ke kota suci nan aman ini dengan melaksanakan salah satu Rukun Islam yang kelima yaitu haji. Aamiin. *[adm]

Referensi : Kota Ilmu Pengetahuan | Suara Hidayatullah

Selengkapnya → Makkah Dan Madinah, 2 Tanah Haram

Senin, 27 Agustus 2012

Evaluasi Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1433 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Sabtu, 25 Agustus 2012 bakda Shalat Ashar berjamaah, di Serambi Masjid Al Hikmah Toyan dilaksanakan Perhitungan Infak Idul Fitri 1433 Hijriyah.

Dari hasil perhitungan yang dilakukan Panitia Penyelenggaara Shalat Ied (PPSI), jamaah yang hadir mengikuti Shalat Idul Fitri pada kesempatan 1433 Hijriyah tersebut kurang lebih 14.500 orang, yaitu jamaah putra 7400 dan jamaah putri sekitar 7100 orang.

Adapun infak yang berhasil diterima Sebesar Rp. 14.579.000,- baik dari kotak infak yang diedarkan maupun yang statis dibarisan jamaah putra ataupun putri. Sedianya infak yang akan dibagikan sebesar 11.500.000,- kepada 15 Masjid dan Musholla, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wates Selatan, SD Muhammadiyah Ngestiharjo, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kecamatan Wates. Adapun sisanya akan digunakan sebagai kas dan persiapan Shalat Idul Adha 1433 Hijriyah.

Sementara itu, terkait dengan pelaksanakan Shalat Idul Fitri 1433 Hijriyah tahun ini, dilaporkan bahwa pelaksanaan Shalat berjalan lancar dan khidmat, dengan Imam dan Khatib Sutono Istiarwan dari Kalibawang, Kulon Progo.

Dalam Khutbahnya Sutono mengajak jamaah untuk meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Memanfaatkan bulan Syawal ini sebagai bulan peningkatan setelah 1 (satu) bulan ditempa dengan amalam-amalan Ramadhan. Sutono menambahkan bahwa di 1 Syawal ini, hendaknya masing-masing pribadi mau mengiklaskan diri untuk meminta maaf dan memberi maaf kepada saudaranya sesama muslim.

”Sambunglah silaturahim kepada tetangga, keluarga, saudara baik yang dekat ataupun yang jauh, seerta handai tolan, ” Jelas Sutono. 1 Syawal adalah hari kemenangan, sambutlah dengan suka cita, tetapi dengan tidak berlebihan. *[adm]

Referensi : Idul Fitri Sebagai Momentum | Esensi Idul Fitri

Selengkapnya → Evaluasi Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1433 Hijriyah

Rabu, 22 Agustus 2012

Menyambung Silaturahim Dengan Halal Bil Halal

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Salah satu agenda rutin yang dilaksanakan Keluarga Besar Al Hikmah Toyan setelah pelaksanaan Shalat Idul Fitri adalah silaturahim halal bil halal sebagai bagian dari menyambung silaturahim.

Kegiatan dimulai kurang lebih pukul 08.30 WIB, bertempat diserambi Masjid Al Hikmah Toyan. Seperti biasa, pelaksanaan halal bil halal selalu dipenuhi oleh jamaah dan warga baik yang berdomisili di Toyan maupun yang berasal dari perantauan, baik di Lampung, Kalimantan, Sulawesi, Jakarta, Bandung ataupun dari Yogyakarta.

Silaturahim Halal bil Halal diikuti kurang lebih sekitar 300 jamaah, adapun Infak yang berhasil dikumpulkan pada pertemuan tersebut adalah Rp. 703.000,- dan sedianya akan dipergunakan sebagai kas Takmir guna mendukung pelaksanaan kegiatan baik fisik maupun non fisik.

Kegiatan diawali dengan sambutan dan laporan dari Ketua Takmir terkait penyelenggaraan  Ramadhan Mubarrak 1433 Hijriyah, Drs. Slamet Riyadi. Dalam laporannya disampaikan kegiatan mulai dari Pra Ramadhan, Ramadhan sampai dengan Halal bil halal pada kesempatan pagi hari tersebut.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya, pada pra ramadhan meliputi, Perbaikan fisik tempat wudhu, pengecatan, pembuatan aksesoris masjid dan pengajian pra Ramadhan. Sementara itu untuk kegiatan selama Ramadhan diantaranya Turnamen Badminton Ramadhan Cup ke-1, Siaran Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz, Kuliah Subuh, Pengajian Jelang Buka Puasa dan Buka Puasa Rutin, Kajian Silaturahim Remaja sebanyak 2 kali, Buka Puasa anggota Panitia Penyelenggara Shalat Ied (PPSI) yang diikuti 15 Masjid dan Mushala, Tarawih dan Kultum Remaja, Tadarus Quran dan  Khataman Al Quran yang berhasil mengkhatamkan 5 kali, Pengajian Nuzulul Quran, Pengelolaan ZIS, Kupatan dan Takbir Keliling dan pelaksanaan Halal Bil Halal.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan laporan pengelolaan Zakat, Infak dan Shodaqoh, serta penerimaan infak subuh yang dikumpulkan selama ramadhan yaitu sebesar Rp. 3.691.000,-. Dan sedianya infak tersebut akan dipergunakan untuk pembangunan fisik masjid. ”Seluruh zakat infak dan shodaqoh sudah diserahkan kepada yang berhak menerima, khusus untuk infak subuh akan dialokasikan untuk pembangunan jalan dan pemlesteran tembok masjid”, ungkat Slamet.

Sementara itu Tunjangan Hari Raya (THR) juga disampaikan kepada Remaja Islam Masjid dan Santri Taman Pendidikan Al Quran sebagai bagian dari Pembinaan Generasi Muda dan Kader, lanjutnya.

Lebih jauh, Slamet berharap bahwa jamaah masjid yang berada di luar kampung halaman tetap bisa mengetahui informasi terkait perkembangan dan situasi masjid dapat memantau melalui website yaitu di www.alhikmahtoyan.blogspot.com, atau di facebook group dengan alamat The Big Family of Al Hikmah Toyan.

Sebagai pembina generasi muda dan kader sebagai asset perjuangan di masjid Al Hikmah Toyan Slamet juga berterima kasih dan memohonkan maaf remaja dan angkatan muda kepada majelis taklim Ibu-ibu yang telah membantu Remaja Islam Masjid (Rismas) dalam hal pengadaan Konsumsi untuk buka puasa selama Ramadhan 1433 Hijriyah.

Sambutan diakhiri dengan permohonan maaf, apabila dalam penyelenggaraan Ramadhan banyak terdapat kesalahan baik fisik maupun non fisik serta berharap semoga pelaksanaan Ramadhan Mubarak 1434 Hijriyah Lebih Baik. Lebih lanjut Slamet mohon doa dan restu kepada jamaah yang hadir agar generasi muda, kader penerus perjuangan diberikan kekuatan dan keistiqomahan dalam menuntut ilmu dan memajukan masjid ke arah yang lebih baik. Kegiatan diakhiri dengan Doa dan ikrar syawalan yang dipimpin oleh H. Ali Munawir, S.Pd.I, untuk selanjutnya dilanjutkan dengan berjabat tangan seluruh jamaah yang hadir.

Semoga dengan halal bil halal tali silaturahim yang telah ada tetap terjaga, baik jamaah yang ada di kampung halaman maupun yang berada diluar daerah. Dipanjangkan umurnya dan dihapuskan dosanya oleh Allah SWT. Aamiin. *[adm]

Referensi : Saatnya pembuktian diri | Esensi dan pemaknaan Idul Fitri

Selengkapnya → Menyambung Silaturahim Dengan Halal Bil Halal

Selasa, 21 Agustus 2012

Ketupat Dan Gema Takbir Di Malam 1 Syawal 1433 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Menyambut hari kemenangan setelah selama 1 (satu) bulan berpuasa, Remaja Islam Masjid (Rismas) Al Hikmah Toyan adakan tradisi kupatan dan takbir keliling pada malam 1 Syawal 1433 Hijriyah.

Untuk kegiatan kupatan, persiapan sudah dilaksanakan 1 hari menjelang hari H, yaitu mulai malam Sabtu, 10 Agustus 2012 diantaranya dengan pembuatan wadah ketupat, kemudian dilanjutkan pada pagi harinya dengan pembuatan ketupat bersamaan dengan kegiatan penerimaan zakat, infak dan shodaqoh.

Adapun kupatan sendiri dilaksanakan pada malam 1 syawal 1433 Hijriyah. Kegiatan kupatan diisi dengan laporan penerimaan zakat, infak dan shodaqoh 1433 Hijriyah, dan takbir bersama serta kupatan.

Sementara itu, seusai kupatan, agenda dilanjutkan dengan pelaksanaan takbir keliling. Berbeda dengan pelaksanaan takbiran keliling tahun kemarin yang hanya memakai bedug, takbiran keliling tahun ini dimeriahkan dengan alat band. ”Supaya lebih meriah, kita membawa alat band untuk memeriahkan acara takbiran”, kata Guntur salah satu pemain musik yang juga Remaja Islam Masjid Al Hikmah Toyan.

Iman, salah satu panitia takbiran mengatakan bahwa untuk rute takbir keliling pada tahun ini dapat diatur lebih leluasa, pasalnya Lebaran tahun ini bersamaan. ”Kita bersyukur karena waktu lebaran bisa bersamaan, sehingga tidak perlu memilih jalur,” jelasnya. Untuk menghormati saudara muslim lainnya yang belum lebaran, tahun kemarin pelaksanaan takbiran harus menghindari jalur tertentu, lanjut Iman.

Adapun rute pelaksanaan takbiran sendiri dimulai dari gerbang masjid menuju arah nagung, kemudian keselatan arat jalan daendels kebarat menuju arah pantai Glagah Indah. Perjalanan dilanjutkan ke utara arah kedundang kemudian dilanjutkan ke timur menuju Masjid Agung Wates. Rombongan berhenti di Masjid Agung Wates untuk beristirahat. Perjalanan kemudian dilanjutkan mengitari Kota Wates diakhiri ke arah selatan menuju Nagung berbelok kekiri menuju Masjid Al Hikmah Toyan.

Harapannya, dengan pelaksanaan takbiran kali ini dapat memberikan kesan mendalam kepada peserta yaitu dari Remaja Islam Masjid dan Santri Taman Pendidikan Al Quran. *[adm]

Referensi : Takbiran 1431 H | Esensi Idul Fitri

Selengkapnya → Ketupat Dan Gema Takbir Di Malam 1 Syawal 1433 Hijriyah

Senin, 20 Agustus 2012

Pengelolaan Zakat Infak Shodaqoh 1433 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Sabtu, 18 Agustus 2012 sebagai bagian dari Masjid sebagai pusat dakwah, Takmir Masjid Al Hikmah adakan pengelolaan zakat, infak dan shodaqoh tahun 1433 Hijriyah di serambi Masjid Al Hikmah Toyan.

Penerimaan zakat, infak, dan shodaqoh sendiri sudah dimulai pada pagi hari yang pada saat yang bersamaan dilakukan pembuatan ketupat lebaran untuk acara kupatan pada malam 1 Syawal 1433 Hijriyah. ”Penerimaan ZIS sudah dimulai Sabtu pagi ini, dan rencananya mulai bakda Shalat Maghrib, zakat fitrah sudah dapat disalurkan bagi yang berhak,” kata Suwito, salah satu Amil pengelolaan ZIS Al Hikmah Toyan.

Penerimaan zakat fitrah dan mal pada tahun ini adalah sejumlah 585 Kg dan uang sejumlah uang dari wajib zakat 282 orang. Zakat tersebut sedianya akan disampaikan kepada para mustahiq sejumlah 43 orang disekitar Masjid Al Hikmah Toyan. Adapun sebagian dari zakat ini akan disalurkan melalui Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wates Selatan untuk kemudian akan diteruskan ke wilayah-wilayah yang minim zakat di Kabupaten Kulon Progo.

Tidak banyak memang, zakat yang dikelola. Namun setidaknya semua harus dimanage sedemikian rupa dengan baik dan benar. Sehingga Zakat, Infak dan Shodaqoh pada tahun ini benar-benar dapat dioptimalkan keberadaannya. Indahnya berbagi. *[adm]

Referensi : ZIS 1431 H

Selengkapnya → Pengelolaan Zakat Infak Shodaqoh 1433 Hijriyah

Minggu, 19 Agustus 2012

Radio Komunitas Mengakhiri Siaran 1433 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Setelah On Air selama 2 (dua) bulan baik pada tahap uji coba maupun pelaksanaan selama Ramadhan 1433 Hijriyah, akhirnya Sabtu, 18 Agustus 2012 dini hari, Radio Komunitas ini mengakhiri siaran.

Banyak canda tawa, suka dan sedih mengiringi berdirinya Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz. Berawal dari ide sederhana untuk membangun silaturahim, di tahun ke-8 dengan segala kekurangan dan kelebihannya, penyelenggaraan Radio Komunitas on air ini dapat diterima oleh pendengarnya yaitu Ramadhanist.

”Puji syukur kepada Allah SWT, akhirnya penyelenggaraan kegiatan Radio Komunitas Suara Ramadhan, baik Selama on air maupun off air ditahun 1433 Hijriyah ini berjalan sukses,” kata Sri Agung, Manajer Radio Komunitas Masjid ini.

Dengan mengusung motto ”Jadikan Ramadhan Lebih Bermakna”, tak dapat dipungkiri bahwa kekurangan penyelenggaraan pasti ada. Oleh karenanya pada kesempatan tersebut Sri Agung juga meminta maaf kepada seluruh kru, pendengar dan seluruh Unik Kegiatan Masjid lainnya yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga Radio Komunitas ini tetap bisa mengudara di tahun 1433 Hijriyah.

Segudang Pekerjaan Rumah (PR), guna perbaikan penyelenggaraan kegiatan di tahun berikutnya tentu tentu sudah dikantongi manajemen. Dari hasil pertemuan dengan pendengar radio, Rabu, 15 Agustus 2012, banyak masukan dan harapan yang harus dibenahi. Tentu menjadi tantangan manajemen radio, untuk menjawab keinginan dan harapan dari ramadhanist tersebut.

DJ OI, Direktur Siar Radio Komunitas Suara Ramadhan mengatakan siap mengawal Radio Komunitas ini sampai kapanpun. Sebagai DJ Senior, tentu kewajiban mempersiapkan pengganti dengan memunculkan DJ baru menjadi sebuah persoalan yang harus diatasi. ”Sampai kapanpun Radio ini harus terus berdiri sebagai penyambung silaturahim selama Ramadhan,” ungkapnya.

Semoga penyelenggaraan Radio Komunitas Suara Ramadhan di tahun yang akan datang dapat lebih baik dan dapat diterima dikalangan yang lebih luas, demi sebuah kata Silaturahim. Wallohu ’A'lam. *[adm]

Referensi : 8 Tahun On Air | Ramadhanist Buka Puasa | Dakwah melalui Radio Komunitas

Selengkapnya → Radio Komunitas Mengakhiri Siaran 1433 Hijriyah

Sabtu, 18 Agustus 2012

Momentum Khataman, Ciptakan Generasi Qurani

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Khataman yang menjadi agenda rutin Keluarga Besar Masjid Al Hikmah Toyan pada setiap Bulan Suci Ramadhan diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum dalam rangka menciptakan Generasi Qurani.

Setelah mentadabburi Al Quran selama 27 hari, Rabu, 15 Agustus 2012 bakda pelaksanaan Shalat Tarawih berjamaah dilaksanakan salah satu agenda Semarak Ramadhan 1433 Hijriyah, yaitu Khataman Al Quran.

Layaknya biasanya kegiatan khataman diisi dengan penampilan Santri Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Al Hikmah Toyan dengan membacakan surat-surat pendek Juz Amma dilanjutkan dengan doa Khotmil Quran oleh Ketua Takmir Masjid, Drs. Slamet Riyadi diakhiri dengan kembulan Sedan Ijo.

Persiapan penampilan Santri Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Al Hikmah Toyan sendiri telah dilaksanakan beberapa hari sebelumnya. Bahkan Rabu pagi 15 Agustus 2012, setelah pelaksanaan Shalat dan Tausyiah Subuh, telah tampak Santri Taman Pendidikan Al Quran mempersiapkan diri, Gladi guna kegiatan tersebut.

Pelaksanaan khataman sendiri sengaja dilaksanakan di hari diakhir Bulan Ramadhan Mubarrak ini. Hal ini dimaksudkan agar pelaksanaan Tadabbur Quran dapat dilaksanakan secara maksimal. Karena biasanya setelah pelaksanaan Khataman, jamaah cenderung berkurang guna mempersiapkan Hari Raya Idul Fitri daripada melaksanakan Tadabbur Quran.

Tadabbur Quran untuk Ramadhan 1433 Hijriyah ini sendiri telah berhasil mengkhatamkan Al Quran sebanyak 5 (lima) kali. Sri Agung, Kepala Bidang Pendidikan Takmir Masjid mengatakan bahwa pelaksanaan Tadabbur Quran tahun 1433 Hijriyah ini sedikit kendor. Hal ini diindikasikan dengan turunnya jumlah dalam mengkhatamkan Al Quran. ”Tahun 1432 Hijriyah jamaah berhasil mengkhatamkan sejumlah 8 (delapan) kali, sementara tahun ini hanya 5 (lima) kali.

Hal ini disinyalir karena banyaknya kegiatan selama Ramadhan 1433 Hijriyah ini, diantaranya Turnamen Badminton Ramadhan Cup I yang cukup menyita waktu dari Remaja Islam Masjid Al Hikmah Toyan.

Dengan Khataman ini, harapannya dapat menjadi momentum yang tepat dalam rangka penciptaan generasi Qurani. Tentu Tadabbur Al Quran selama pelaksanaan Ramadhan ini dapat terus dipupuk dan ditingkatkan diluar bulan suci Ramadhan dengan menggiatkan kegiatan pengajian ibu-ibu, Taman Pendidikan Al Quran , majlis taklim, maupun kajian-kajian Al Quran.

Semoga kita semua diberikan cahaya Quran yang selama Ramadhan ini telah dibaca dan dikhatamkan dan diberikan istiqomah untuk mempelajari, mentadabburi, dan melaksanakan isi dari Al Quran sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari, untuk akhirnya dapat menjadi penolong di Yaumul Hisab nanti. Aamiin. *[adm]

Referensi : Tadarus Al Quran Tidak Berhenti | Ramadhan Cup I | 10 Terakhir Ramadhan

Selengkapnya → Momentum Khataman, Ciptakan Generasi Qurani

Jumat, 17 Agustus 2012

Pendengar Radio Komunitas Suara Ramadhan Adakan Buka Persama

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Tidak seperti buka puasa pada Ramadhan sebelumnya, Rabu, 15 Agustus 2012 dilaksanakan buka puasa bersama yang diikuti pendengar dan bersama seluruh Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz.

Inisiatif ini muncul dari DJ OI dan DJ Kriwil selama pelaksanaan On Air 1433 Hijriyah tahun ini. Ketika ide itu dilontarkan kepada pendengar, ternyata sambutan yang diterima cukup positif. Akhirnya kru dan manajemen Radio Komunitas Suara Ramadhan memutuskan adanya buka puasa bersama.

”Selama ini kegiatan buka bersama lebih banyak diisi oleh Unit Kegiatan Masjid (UKM) Remaja Islam Masjid (Rismas) dan PPSI (Panitia Penyelenggara Shalat Ied) Jembatan timbang Kulwaru,” kata Kriwil. Tak ada salahnya Radio Komunitas juga mengadakan buka buasa sendiri, karena diperkirakan peserta yang ikut juga akan berbeda.

Kegiatan sebelum buka bersama diisi dengan sambutan dan pembacaan profil tentang Radio Komunitas Masjid Ini. Mulai dari awal berdirinya radio, tujuan sampai kepada keadaan dan kondisi radio pada 1433 Hijriyah ini. Kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan kru dan DJ baik lama maupun baru yang selama ini mengawal maupun yang on air di Radio yang bersiaran mulai pukul 21.00 – 03.00 WIB ini.

Tampak hadir pula DJ baru yaitu DJ Kace dan DJ Indra. Banyak masukan dan harapan dari peendengar atas pelaksanaan On Air radio yang sudah dilaksanakan selama 8 (delapan) tahun ini. Diantaranya perbaikan dari sisi audio agar menjadi lebih baik dan juga jangkauan siar yang bisa lebih jauh dari yang sekarang ada, sehingga akan lebih banyak pendengar yang akan memantau dan mendengarkan siaran 88 MHz ini.

Semoga di tahun-tahun berikutnya, Radio Komunitas Suara Ramadhan dapat On Air lebih dapat menyeempurnakan diri, baik dari sisi audio, jangkauan siar, maupun kegiatan off air lainnya, seperti buka puasa maupun kegiatan lain yang bersifat positif. Aamiin. *[adm]

Referensi : DJ Wanita RKSR | DJ Baru RKSR | 8 Tahun On Air

Selengkapnya → Pendengar Radio Komunitas Suara Ramadhan Adakan Buka Persama

Rabu, 15 Agustus 2012

Manusia Sebagai Khalifah Dimuka Bumi

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Manusia diciptakan untuk menjadi Khalifah fil Ard (Pemimpin dimuka bumi ini). Oleh karenanya, sudah selayaknya manusia memperbagus amal kebajikan dan berusaha menjadi yang terbaik serta bermanfaat bagi orang lain.

Hal tersebut disampaikan KH. Mudjadi, BA dalam Tausyiah Subuh yang dilaksanakan setiap bakda Shalat Subuh pada Ahad, 12 Agustus 2012. Mudjadi menambahkan bahwa dalam menjadi khalifah tentu banyak ujian di alam dunia ini. Keberhasilan dalam menghadapi ujian tentu tergantung dari pribadi masing-masing. Apabila berhasil melalui ujian tentu Allah SWT janjikan di Jannah-Nya. Diangkat derajatnya setelah mengarungi ujian dari Sang Empunya Hidup.

Lebih lanjut Mudjadi mencontohkan layaknya makhluk Allah SWT berupa kayu yang diuji oleh manusia. Banyak kayu yang tidak teruji, berada dilumpur yang kotor, dipotong untuk kayu bakar, dibakar karena tidak berguna atau lapuk, atau bahkan dibuang karena tidak bermanfaat.

Sebaliknya kayu yang teruji, ditempa, dibentuk dengan aturan yang ditetapkan manusia. Maka kayu tersebut akan menjadi kursi, meja, meubelir yang bagus untuk selanjutnya memiliki nilai jual yang tinggi. Layaknya barang terbaik, tentunya si empunya barang akan menempatkannya di tempat yang baik, rumah yang meewah dan bagus, dan tentu akan diteempatkan di ruangan bagian depan.

Sebagai manusia, hamba Sang Khalik, tentu perintah Allah SWT harus kita laksanakan. Dan teentu tak luput dari ujian dari Allah SWT. Bagi orang yang bersungguh-sungguh pastilah dunia ini tidak akan menyusahkan atau akan mengatakan bahwa dunia itu sempit. Mereka berusaha seoptimal mungkin menggapai ridho-Nya, menyadari bahwa dunia adalah tempat berperih, tempat berjuang dan tempat yang tidak mengenakkan (sebentar). Ada tempat kesempurnaan yang telah Sang Maha Janjikan.

Mereka itulah hamba Allah SWT yang mengikhlaskan diri akan hidupnya yang sebentar ini untuk mengabdikan diri kepada Allah SWT dengan beribadah dan selalu berusaha dalam jalan kebaikan. Semoga kita semua digolongkan kedalam hamba-hamba Allah SWT yang dijanjikan surga-Nya. Aamiin. *[adm]

Referensi : Generasi Muda Kader dan Asset | Pelaut Tangguh

Selengkapnya → Manusia Sebagai Khalifah Dimuka Bumi

Senin, 13 Agustus 2012

Penyiar Baru Di Radio Komunitas Suara Ramadhan 1433 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Seiring 8 (delapan) tahun usia perjalanan Radio Komunitas Suara Ramadhan menemani malam-malam selama Bulan Suci mulai 1425 Hijriyah, banyak bakat-bakat yang sudah tersalur, tak terkecuali penyiar-penyiar baru.

Tak dapat dipungkiri bahwa akhirnya Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz menjadi salah satu alternatif sarana bagi Remaja Islam Masjid (Rismas) di wilayah Wates Selatan untuk melatih serta menyalurkan bakat verbal dan keinginan mereka untuk berbicara didepan mic siar.

Tahun 1433 Hijiriyah inipun beberapa penyiar/Disk Jokey (DJ) baru berkesempatan mencoba groginya menjadi berbicara di depan mic, menerima telefon dan membacakan SMS dari pendengar Radio Komunitas Masjid ini. Beberapa penyiar yang berkesempatan itu diantaranya Indra dan Kace.

Indra dan Kace selama ini cukup nyaman dengan mendengarkan on air siaran Radio Komunitas yang beralamat di Studio 1 Lantai 2 Komplek Masjid Al Hikmah Toyan Jalan Wahid Hasyim KM. 0,3 Toyan, Triharjo, Wates, Kulon Progo, Daerah Istimeewa Yogyakarta ini akhirnya tergelitik untuk mengikuti nalurinya bersiaran di studio.

”Pertama kali on air siaran di studio pada jam 01.00 WIB dini hari, dipandu DJ Kriwil. Ada rasa grogi dihati,” kata Indra. Tapi setelah beberapa hari siaran akhirnya rasa grogi itu hilang, berganti dengan rasa bahagia ketika permintaan lagu pendengar bisa kami penuhi, lanjutnya bersemangat.

Manager Radio Komunitas Suara Ramadhan, Sri Agung menjelaskan, bahwa selain sebagai sarana menjalin informasi dan silaturahim Remaja Islam Masjid (Rismas), Radio Komunitas juga dapat dijadikan sarana untuk mengasah berlatih kemampuan verbal mereka dengan menjadi penyiar. *[adm]

Referensi : Uji Coba RKSR 1433 Hijriyah | On Air Tahun ke-8

Selengkapnya → Penyiar Baru Di Radio Komunitas Suara Ramadhan 1433 Hijriyah

Minggu, 12 Agustus 2012

Sambut Khataman Al Quran, Kupatan Dan Takbiran Remaja Islam Rapatkan Barisan

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Menyambut pelaksanaan Khataman Al Quran dan Takbiran malam 1 Syawwal, Jumat, 10 Agustus 2012 Bakda Shalat Tarawih Remaja Islam Masjid Al Hikmah Toyan laksanakan rapat persiapan.

Rapat dipimpin Andi Yahya, Ketua Remaja Islam Masjid (Rismas) Al Hikmah Toyan. Khataman Al Quran sedianya akan dilaksanakan pada Rabu, 15 Agustus 2012 bertepatan pada 27 Ramadhan 1433 Hijriyah.

Sebagaimana layaknya tahun sebelumnya kegiatan khataman akan diisi oleh penampilan Santriwan/santriwati Taman Pendidikan Al Hikmah Toyan dengan membawakan surat-surat Juz Amma. Pelaksanaan khataman Al Quran di Masjid Al Hikmah Toyan tidak lengkap kalau belum ada Sedan Ijo, dengan menu telur, mie, dan sayur tahu tempe.

Sementara itu, kegiatan takbiran akan diisi dengan takbiran bakda shalat maghrib, dilanjutkan dengan acara kupatan dengan menu kupat, tempe. Sedianya ketupat yang akan dibuat sejumlah 250 buah. Layaknya tahun sebelumnya, Idul Fitri tidak bermakna tanpa acara takbir. Tahun ini juga akan dilaksanakan Takbiran keliling sebagaimana tahun lalu.

Beberapa agenda rapat yang telah diputuskan yaitu Khataman Al Quran, Kupatan dan Takbiran tahun 1433 Hijriyah ini, semoga dapat terlaksana dengan lancar dan sukses. Aamiin. *[adm]

Referensi : Khataman | Ketupat di malam 1432 Hijriyah

Selengkapnya → Sambut Khataman Al Quran, Kupatan Dan Takbiran Remaja Islam Rapatkan Barisan

Sabtu, 11 Agustus 2012

Hadapi Idul Fitri 1433 Hijriyah, Panitia Shalat Ied Adakan Rapat Koordinasi

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Dalam rangka persiapan pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1433 Hijiryah, PPSI (Panitia Penyelenggara Shalat Ied) melaksanakan rapat koordinasi guna suksesnya acara.

Shalat Idul Fitri sebagaimana ditetapkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dimana 1 Syawwal 1433 Hijriyah jatuh pada Hari Ahad, 19 Agustus 2012, sehingga pelaksanaan Shalat Idul Fitri akan dilaksanakan pada hari tersebut. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan Shalat Idul Fitri tahun ini akan dilaksanakan di Komplek Jembatan Timbang, Kulwaru.

Rapat koordinasi dihadiri oleh Remaja Islam Masjid perwakilan dari 15 Masjid dan Musholla anggota PPSI se-Wates Selatan. Adapun yang akan menjadi Imam dan Khatib adalah Ustadz Sutono Istiarwan, Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kulon Progo.

Kusuma DC, Pimpinan rapat yang juga merupakan Sekretaris PPSI menjelaskan bahwa rapat pada kesempatan itu adalah bagian dari persiapan Shalat Idul Fitri 1433 Hijriyah yang akan jatuh pada Hari Ahad, 19 Agustus 2012. Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan pembagian tugas dari 15 anggota PPSI.

Turut hadir pada kegiatan Persiapan Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri 1433 Hijriyah tersebut, Sutarmujiyanto, S.Ag, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wates Selatan. Dalam sambutannya Sutarmujiyanto berharap bahwa panitia shalat Idul Fitri tahun ini harus lebih siap daripada tahun kemarin. “Jamaah yang hadir pasti lebih banyak karena ini Idul Fitri, apalagi kalau nanti pelaksanaan 1 Syawwal bersamaan,” ungkap Sutar.

Lebih lanjut, Kusuma berharap bahwa rapat pada kesempatan sore tersebut bukanlah sarana koordinasi satu-satunya. Diharapkan tetap ada komunikasi dan koordinasi secara informal sebelum pelaksanaan Shalat Idul Fitri pada hari-H. Kegiatan rapat koordinasi diakhiri dengan buka puasa bersama dan Shalat Maghrib berjamaah.

Dengan adanya rapat koordinasi tersebut dan komunikasi informal yang lebih intens menjelang pelaksanaan, diharapkan Shalat Idul Fitri 1433 Hijriyah dapat berjalan tanpa kendala berarti. *[adm]

Referensi : 1 Syawwal 1432 Hijriyah

Selengkapnya → Hadapi Idul Fitri 1433 Hijriyah, Panitia Shalat Ied Adakan Rapat Koordinasi

Jumat, 10 Agustus 2012

Tim Sertifikasi Arah Kiblat Kemenag Datangi Masjid Al Hikmah Toyan

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Rabu, 8 Agustus 2012, menjelang Shalat Dhuhur, Takmir Masjid Al Hikmah Toyan kedatangan Tim Sertifikasi dari Kementrian Agama Kabupaten Kulon Progo guna kepentingan pengukuran arah kiblat.

Rombongan Tim Sertifikasi arah kiblat Kementrian Agama Kabupaten Kulon Progo sejumlah 6 orang diterima langsung oleh Ketua Takmir Masjid Al Hikmah Toyan, Drs. Slamet Riyadi. Slamet mengatakan bahwa keinginan untuk mensertifikasi arah kiblat pada Masjid Al Hikmah Toyan ini sudah sejak lama ingin dilakukan. Namun baru pada siang hari tersebut bisa terlaksana.

Slamet menambahkan bahwa, penentuan arah kiblat yang dilakukan sebagai dasar pelaksanaan shalat di Masjid Al Hikmah Toyan, selama ini menggunakan pedoman dimana Sang Matahari yang pada saat tertentu berada persis di atas kiblat.

Tim dari Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo mengatakan bahwa Posisi Lintang dan bujur Masjid Al Hikmah adalah 07 53 31,7 derajat Lintang Utara (LU) dan 110 07 53,9 Bujur Timur (BT). Sementara itu, tim arah kiblat menambahkan bahwa arah kiblat seharusnya pada posisi 294 47 36,82 derajat. Adapun hasil pengukuran diperoleh informasi bahwa bangunan masjid pada 274 – 12 – 56,82 derajat. Sehingga terdapat selisih 20 – 12 – 56,82 derajat.

Dari hasil pengukuran tersebut, terdapat selisih sudut antara arah bangunan masjid dengan letak kiblat yaitu sebesar 20 derajat. Walau tidak terlalu jauh berbeda dengan arah yang selama ini telah dipakai shalat berjamaah, namun perubahan arah tetap dilakukan oleh Takmir Masjid sebagai bagian dari kesempurnaan pelaksanaan shalat.

Lebih lanjut, Tim Sertifikasi Arah Kiblat dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo berharap bahwa dengan adanya pengukuran arah kiblat dengan alat yang lebih dapat dipertanggungjawabkan tersebut, akan lebih memberikan ketenangan dan keyakinan jamaah Masjid Al Hikmah Toyan dalam hal menjalankan shalat. *[adm]

Referensi : Kementerian Agama

Selengkapnya → Tim Sertifikasi Arah Kiblat Kemenag Datangi Masjid Al Hikmah Toyan

Kamis, 09 Agustus 2012

Turnamen Badminton Sukses, Panitia Adakan Tasyakuran Kembulan

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Sebagai wujud rasa syukur kepada Sang Rahman atas suksesnya pelaksanaan Turnamen Badminton Ramadhan Cup I, Senin, 6 Agustus 2012, Panitia adakan tasyakuran di halaman Komplek Masjid Al Hikmah Toyan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa pelaksanaan Turnamen Badminton Ramadhan Cup I berjalan selama 8 (delapan) hari dimulai pada Rabu, 25 Juli 2012 sampai dengan Jumat, 03 Agustus 2012.

Turnamen tersebut mengukuhkan pasangan Widodo/Guntur sebagai juara di kelas Seniorr SMA - Umum. Sementara untuk tingkat junior anak-anak usia SD-SMP pasangan Ferdi Maulana/Delta Pranata berhasil menjadi pemenang dengan mengalahkan pasangan Anggita/Ramadhan di partai final.

Kegiatan malam tersebut diisi dengan doa dan jamuan makan ”kembulan” bersama sebagai wujud syukur atas pelaksanaan Turnamen Badminton Ramadhan Cup I yang dinilai sukses dan tanpa kendala yang cukup berarti. Turut hadir pada malam hari itu, kru Radio Komunitas Suara Ramadhan (RKSR) 88 MHz. Diantaranya DJ OI, DJ Kriwil, DJ Apang, DJ IO dan beberapa kru radio yang lain.

Dalam kesempatan tersebut, Remaja Islam Masjid (Rismas) Al Hikmah Toyan menyepakati kembali bahwa pelaksanaan turnamen serupa akan menjadi agenda rutin pada setiap datangnya Bulan Suci Ramadhan. Bahkan tahun depan tidak hanya turnamen badminton yang akan dilaksanakan, namun juga akan dilaksanakan turnamen tenis meja.

Sri Agung, Kepala Bidang Pendidikan Takmir Masjid Al Hikmah Toyan berharap, bahwa bahwa kegiatan Turnamen Badminton sebagaimana telah dilaksanakan tersebut dapat bermanfaat bagi Remaja Islam Masjid (Rismas) Al Hikmah Toyan dalam hal merencanakan dan mengelola kegiatan.

Lebih lanjut Agung menambahkan bahwa, ”kesalahan dan kekurangan dalam pelaksanakan kegiatan, hendaknya dapat dijadikan sebagai pemicu semangat untuk menjadikan kegiatan serupa lebih baik”. Selanjutnya hal tersebut dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran dan feed back untuk suksesnya acara serupa maupun kegiatan lain baik dilingkungan Masjid Al Hikmah Toyan maupun di luar masjid. *[adm]

Referensi : Turnamen Badminton resmi dibuka | Turnamen Masuki Final

Selengkapnya → Turnamen Badminton Sukses, Panitia Adakan Tasyakuran Kembulan

Rabu, 08 Agustus 2012

Penyiar Wanita Kembali On Air Di Radio Komunitas Suara Ramadhan

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Setelah memasuki hari ke-17 pelaksanaan Ramadhan 1433 Hijryah, akhirnya Ahad, 5 Agustus 2012, salah satu penyiar wanita Radio Komunitas Suara Ramadhan Yummy on air di acara Musholla.

Yummy yang pada pelaksanaan on air di tahun-tahun sebelumnya juga ikut membantu on air Radio Komunitas Masjid ini, mengaku kangen dengan suasana studio dan ramadhan di Masjid Al Hikmah Toyan. Selama beberapa tahun ini dia sendiri sibuk melanjutkan studi di Solo, Jawa Tengah.

”Studio sudah banyak berubah dan banyak kemajuan,” katanya. Perangkat siar sudah semakin baik, sehingga memudahkan siaran, sementara itu layout dan aksesoris studio pun semakin memperkuat kesan studio Radio. Jadi betah berlama-lama di studio ini, sambungnya sambil tertawa kecil.

Terkait dengan kedatangan DJ Yummy, Iman Surachno, Direktur Siar Radio Komunitas Suara Ramadhan mengatakan bahwa Yummy sedianya akan mengisi di acara Musholla (Musik Slow dan Galau). “Hari Sabtu, bersamaan dengan pelaksanaan Pengajian Nuzulul Quran, Yummy mengatakan ingin on air lagi ditahun ini,” jelas Iman. Secara otomatis pergeseran dan pengaturan jadwal akan disetting ulang dengan datangnya Yummy.

Lebih lanjut, Iman menjelaskan bahwa beberapa acara Selama Ramadhan 1433 Hijriyah pada Radio Komunitas Masjid yang sudah on air sejak 1425 Hijriyah ini adalah Musholla (Musik Slow dan Galau) pada pukul 21.00 – 22.30. Ramadhan Show pada pukul 22.30 – 24.00, dan Kolak (Kumpulan Lagu Request) pada pukul 24.00 – 02.30 WIB.

Sementara itu, Manager Suara Ramadhan, Sri Agung berharap dengan mengudaranya DJ Yummy di 1433 Hijriyah ini, dapat memberikan nuansa baru saat On Air RKSR. Aamiin. *[adm]

Referensi : DJ Wanita 1432 H | On Air Tahun ke-8

Selengkapnya → Penyiar Wanita Kembali On Air Di Radio Komunitas Suara Ramadhan

Selasa, 07 Agustus 2012

Masjid Al Hikmah Toyan Laksanakan Nuzulul Quran 1433 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – 16 Ramadhan 1433 Hijriyah bertepatan dengan Sabtu, 4 Agustus 2012, di Halaman Kompleks Masjid Al Hikmah Toyan dilaksanakan Pengajian Nuzulul Quran 1433 Hijriyah dengan pembicara Ustadz Drs. H. Suparidi.

Pengajian pada malam hari itu cukup meriah, pasalnya Suparidi hadir bersama Grup Musik Qasidah yang dipimpinnya. Turut serta hadir dalam kesempatan jamaah dari beberapa Masjid disekitar Al Hikmah Toyan. Diantaranya Masjid Mujahiddin Conegaran, Masjid Shirotul Jannah, Masjid Nurul Huda Sumberan dan Masjid Al Huda Seworan.

Bersamaan dalam kesempatan tersebut, disampaikan laporan kegiatan Turnamen Badminton Ramadhan Cup I oleh Ketua Panitia, Guntur Tri Cahyo. Dalam laporannya Guntur menyampaikan pelaksanaan turnamen yang telah dilaksanakan sejak 25 Juli 2012 sampai dengan 3 Agustus 2012.

Lebih lanjut, Guntur berharap bahwa turnamen serupa dapat menjadi agenda rutin dalam setiap datangnya Bulan Suci Ramadhan. Hal tersebut disambut baik oleh Takmir Masjid yang pada kesempatan tersebut disampaikan oleh Ketua Takmir Masjid, Slamet Riyadi. Dalam kesempatan itu pula diserahkan hadiah kejuaraan yaitu Tropi, Uang Pembinaan dan Itik/Ayam.

Dalam sambutannya, Slamet berkeinginan, bahwa Remaja Islam Masjid sudah selayaknya menjadi penggerak perjuangan masjid dan mengisi kegiatan baik selama Ramadhan maupun di luar Ramadhan dengan kegiatan aktif yang dapat membangkitkan semangat generasi muda dan mengharapkan bahwa Masjid Al Hikmah Toyan dapat menjadi Trend Setter bagi masjid-masjid disekitarnya dan di Wates Selatan pada tataran yang lebih luas.

Selanjutnya, dalam tausyiahnya, Suparidi menjelaskan bahwa malam 17 Ramadhan sebagaimana malam dilaksanakan pengajian ini adalah malam turunnya Al Quran. Kitab suci, mukjizat Nabi Muhammad SAW, sekaligus pedoman seluruh ummat manusia.

Suparidi juga mengajak kepada seluruh jamaah yang hadir untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, lebih bersemangat dalam mendekatkan diri kepada Sang Rahman diakhir-akhir bulan suci Ramadhan ini. ”Jamaah harus semakin maju bukan pada shaf shalat tapi lebih maju dalam hal beribadah dan bertaqarrub kepada Sang Rahiim.

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Oleh karenanya, Suparidi juga berharap agar jamaah lebih meningkatkan tali silaturahim kepada keluarga, tetangga, teman, saudara, kerabat baik yang dekat maupun jauh. Pelaksanaan pengajian tampak meriah dan lebih bisa diterima oleh jamaah yang hadir, karena diselingi dengan nyanyian yang berisi ajakan untuk meningkatkan kebaikan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Kegiatan diakhiri pada pukul 23.30 WIB. Ketua Takmir Masjid Al Hikmah Toyan, berharap bahwa dengan adanya Pengajian Nuzulul Quran, jamaah Masjid Al Hikmah Toyan khususnya, dapat lebih Istiqomah dalam menjalani sisa Ramadhan 1433 Hijriyah. Semoga. Aamiin. *[adm]

Referensi : Sambut Ramadhan 1433 H | Jelang Ramadhan

Selengkapnya → Masjid Al Hikmah Toyan Laksanakan Nuzulul Quran 1433 Hijriyah

Senin, 06 Agustus 2012

Refleksi 15 Ramadhan 1433 Hijriyah : Moment Menyempurnakan Keislaman

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – 15 Ramadhan 1433 Hijriyah ini harus mampu dijadikan sebagai moment refleksi dalam rangka menyempurnakan kadar keislaman kita sebagai hamba Sang Khalik.

Hal itu yang disampaikan dalam kuliah subuh yang disampaikan oleh H. Sukriyatno pada Jumat, 3 Agustus 2012. ”Bagaimana keimanan yang kita miliki, apakah sudah tertanam kalimat Lailaha Illahaahu, Muhammadurasulullah dihati kita. Ataukah masih ada keyakinan yang dapat mengganggu tauhid itu,” kata Sukriyatno. Saat ini masih banyak umat Islam yang mengkaitkan kecelakaan, mendirikan rumah, menentukan hari pernikahan dengan hari sial atau hari baik.

Dalam rangka menyempurnakan keimanan kita ada beberapa hal yang dapat dilakukan diantaranya dengan : Satu, Pemurnian Aqidah. Menjalankan ibadah dengan penuh ketekunan. Dua, bahwa lupa dan salah adalah lumrah bagi manusia, namun bagaimana kita bisa memperbaiki kesalahan itu, tak lain kita harus mau mencari ilmu. Dan ilmu tidak hanya terbatas pada ilmu agama.

Tiga, selalu memperbaiki akhlak baik terhadap diri pribadi, terlebih praktek kepada manusia dan makhluk lainnya yaitu tumbuhan dan hewan. Empat, Ikhlas dalam menjalankan segala. Apakah ibadah Taraweh, Tadabbur Quran, Puasa, Infak sudah secara penuh dilaksanakan secara iklas atau belum. Ini perlu introspeksi dan refleksi.

Lebih lanjut, Sukriyatno berharap bahwa kesempatan akan umur panjang berjumpa dengan Bulan Ramadhan Mubarrak 1433 Hijriyah harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk mendekatkan diri kepada Sang Maha demi perbaikan dan dapat menyempurnakan keislaman.

Sukri juga mengajak kepada jamaah yang hadir, untuk lebih bersemangat dihari-hari sisa Ramadhan. Mengoptimalkan apa yang Allah SWT janjikan di Bulan mulia ini. Semoga 15 Ramadhan 1433 Hijriyah ini dapat dijadikan sebagai moment untuk refleksi dalam rangka peningkatan dan penyempurnaan keislaman. Aamiin, Semoga. *[adm]

Referensi : Kiat Jernihkan Hati | Jadilah Pewaris Kebaikan

Selengkapnya → Refleksi 15 Ramadhan 1433 Hijriyah : Moment Menyempurnakan Keislaman

Minggu, 05 Agustus 2012

Pasangan Widodo/Guntur Juarai Turnamen Badminton Ramadhan Cup I

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Jumat, 2 Agustus 2012, setelah berjuang cukup alot dengan permainan Rubber Game, akhirnya pasangan Widodo/Guntur menjuarai Turnamen Badminton Ramadhan Cup I mengalahkan pasangan Darma/Ridwan di Komplek Masjid Al Hikmah Toyan.

Pada kesempatan partai final tersebut Widodo/Guntur yang merupakan pasangan tuan rumah berhasil memenangkan set pertama dengan skor 21 -18. Pada set yang kedua Darma/Ridwan pasangan dari Masjid Nurul Huda Seworan ini berhasil membalas ketertinggalan dan mengakhiri set kedua dengan 15 – 21.

Pertandingan dilanjutkan dengan set ketiga yang akhirnya dimenangi oleh Widodo/Guntur 21 – 17. Sementara untuk tingkat anak-anak usia SD-SMP pasangan Ferdi Maulana/Delta Pranata berhasil menjadi pemenang dengan mengalahkan pasangan Anggita/Ramadhan.

Kusuma, Sekretaris Panitia Turnamen Ramadhan Cup I menjelaskan bahwa, untuk kelas SMA – Umum, Juara 1-3 dari turnamen Badminton Ramadhan Cup I ini akan mendapatkan tropi, uang pembinaan serta itik. Sementara itu untuk tingkat anak-anak, juara 1-3 masing-masing akan mendapatkan uang pembinaan dan hadiah berupa ayam.

Paska pertandingan, seluruh panitia yang semuanya adalah Remaja Islam Masjid mengadakan rapat koordinasi guna koreksi dan evaluasi terkait pelaksanaan turnamen dan persiapan pembagian hadian kejuaraan. Rapat koordinasi yang dipimpin Ketua Panitia, Guntur, itu diperoleh informasi bahwa secara umum pelaksanaan dinilai sukses.

Beberapa koreksi yang dapat dijadikan bahan masukan dan perbaikan guna pelaksanaan Turnamen Ramadhan mendatang diantaranya adalah masalah wasit, hakim garis dan persiapan turnamen yang mepet sehingga banyak calon peserta yang terpaksa kecewa karena pendaftaran telah ditutup.

Informasi tentang Turnamen Badminton dinilai beberapa panitia terlalu mepet. Kesimpulan terkait permasalahan ini adalah bahwa informasi tentang pelaksanaan turneman badminton ini akan lebih diperluas dan waktu yang lebih longgar. Sementara itu kalau tahun ini turnamen diikuti 15 masjid dan musholla, sedianya tahun depan akan dilaksanakan se-Triharjo, dengan hadian dan uang pembinaan yang lebih besar serta sponsor yang lebih banyak.

Rencananya hadiah akan diberikan bersamaan dengan pelaksanaan pengajian Nuzulul Quran yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 3 Agustus 2012 di komplek Masjid Al Hikmah Toyan dengan menghadirkan pembicara Ustadz Suparidi dari Temon, Kulon Progo.

Selamat kepada pemenang, sampai bertemu dengan Turnamen Badminton Ramadhan Cup II Tahun 1434 Hijriyah. Semoga, Insya Allah. *[adm]

Referensi : Turnamen Badminton masuki Final | Kabar Arena | Resmi dibuka

Selengkapnya → Pasangan Widodo/Guntur Juarai Turnamen Badminton Ramadhan Cup I

Jumat, 03 Agustus 2012

Turnamen Badminton Ramadhan Cup I Masuki Babak Final

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Setelah berjalan selama 8 (delapan) hari sejak dibuka pada Rabu, 25 Juli 2012, Turnamen Badminton Ramadhan Cup I akan memasuki babak final pada hari Jumat, 03 Agustus 2012.

Dipartai Final akan bertanding pasangan dari tuan rumah yaitu Widodo/Guntur TC melawan pasangan dari Masjid Nurul Huda Seworan Ridwan/Darma. Hal ini dikatakan Guntur TC, ketua Panitia Turnamen Badminton Ramadhan Cup I saat ditemui di Komplek Masjid Al Hikmah Toyan.

Guntur menjelaskan bahwa selama pelaksanaan Turnamen Badminton Ramadhan Cup I yang dilaksanakan di Lapangan Badminton Masjid Al Hikmah Toyan ini tidak ada kendala yang cukup berarti. ”Semua berjalan lancar sesuai rencana,” ungkapnya.

Lebih jauh dia menambahkan bahwa dalam setiap event turnamen pasti ada kekurangan. Namun, kekurangan itu menjadikan motivasi tersendiri bagi panitia dalam pelaksanaan Turnamen Badminton pada Ramadhan yang akan datang.

Sedianya Turnamen Badminton ini akan menjadi agenda rutin Remaja Islam Masjid (Rismas) Masjid Al Hikmah Toyan dalam setiap Ramadhan. Bahkan rekan-rekan merencanakan bahwa Ramadhan Tahun 1434 Hijriyah yang akan datang juga akan dilaksanakan turnamen dari cabang Tenis Meja, ungkap Guntur.

Sementara itu, partai final yang dilaksanakan tersebut juga tetap akan disiarkan secara langsung (live) oleh Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz. Sri Agung, Manajer Radio menyambut baik tekait keinginan Remaja Islam Masjid untuk menjadikan Turnamen Badminton tersebut sebagai Agenda rutin ”Semarak Ramadhan” di Masjid Al Hikmah Toyan.

Sebagaimana layaknya Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 Mhz, Radio Masjid yang selalu ditunggu disetiap Ramadhan Mubarrak, dan sudah berjalan selama 8 (delapan) tahun, Turnamen Badminton juga bisa menjadi agenda rutin. ”Pasti bisa, menjadikan Turmanen badminton tersebut menjadi sesuatu yang ditunggu oleh Remaja Islam Masjid dalam setiap datangnya bulan suci,” kata Agung bersemangat.

Layak ditunggu, pasangan mana yang akan menjadi juara Pelaksanaan Turnamen Badminton Ramadhan Cup I yang dilaksanakan oleh salah satu Unit Kegiatan Masjid (UKM) Masjid Al Hikmah Toyan yaitu AHITO Badminton Club ini. *[adm]

Referensi : Kabar Arena | Turmanen Badminton dibuka

Selengkapnya → Turnamen Badminton Ramadhan Cup I Masuki Babak Final

Rabu, 01 Agustus 2012

Kajian Silaturahim Remaja 1433 Hijriyah #2

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Ahad, 29 Juli 2012 bertempat di Komplek Masjid Al Hikmah Toyan Kembali dilaksanakan Kajian Silaturahim Remaja dan Buka Bersama yang diikuti kurang lebih 200 Remaja Islam Masjid.

Pembicara yang hadir menyampaikan materi pada kesempatan Kajian Silaturahim Remaja kedua ini adalah Bapak Yusuf Cahyono Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo. Kegiatan yang diinisiatori oleh PPSI (Panitia Penyelenggara Shalat Ied) tersebut merupakan agenda rutin pada setiap ramadhan.

Kusuma DC, Sekretaris PPSI menjelaskan bahwa pihaknya mengaku gembira karena pada kesempatan buka bersama kali ini banyak sekali Remaja Islam Masjid yang hadir mengikuti kajian yaitu dari 15 Masjid dan Musholla anggota PPSI dan Remaja Islam dari masjid yang pada tahun-tahun sebelumnya telah menjalin silaturahim secara baik dengan AHITO.

Dalam materinya, Yusuf Cahyono menyampaikan bahwa Remaja Islam Masjid (Rismas) yang sebagian besar adalah generasi muda dan masih duduk dibangku sekolah maupun kuliah harus menjadi kader pembaharu dan menjadi tulang punggung pergerakan dimasjidnya.

Gunakan wadah Remaja Islam Masjid sebagai sarana berlatih, menimba ilmu keislaman, bagaimana mengurus organisasi sehingga menjadi besar dan bermanfaat bagi Remaja itu sendiri maupun bagi masyarakat sekitar. Khususnya dibulan suci ramadhan, Remaja Islam Masjid harus mampu menjadi motivator dan inisiator dalam segala kegiatan yang berkaitan dengan ramadhan itu sendiri.

Buka bersama kali ini diikuti secara antusias oleh peserta yang hadir. Kegiatan dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan Shalat Maghrib berjamaah. Kusuma berharap bahwa kegiatan serupa diharapkan tetap semarak sebagai bagian dari meramaikan ramadhan. *[adm]

Referensi : Power of Change | Rismas | Makmurkan Masjid | Generasi Kader | Generasi Qur’ani

Selengkapnya → Kajian Silaturahim Remaja 1433 Hijriyah #2